Data Science dan Big Data

Deskripsi

Data Science menurut Chikio Hayashi dari Institut Statistika Matematika Sakuragaoka, pengertian data science adalah ilmu pengetahuan interdisiplin tentang metode komputasi untuk mendapatkan wawasan berharga yang dapat ditindaklanjuti dari kumpulan data yang mencakup tiga fase yaitu desain data, mengumpulkan data, dan analisis data. Sebagai ilmu interdisiplin, data science mempunyai definisi yang berbeda-beda dari akedemisi maupun praktisi yang berkecimpung di dalamnya.

Data science atau ilmu data merupakan ilmu terapan baru yang perkembangannya dituntut oleh meningkatnya penggunaan teknologi secara signifikan. Data science digunakan oleh perusahaan maupun instansi tertentu untuk melakukan analisis data yang tidak bisa dilakukan dengan metode sederhana. Misalkan marketplace Tokopedia memerlukan suatu pengetahuan yang dapat melakukan analisis data penjual dan pembeli di platform mereka. Tentunya, data yang mereka punyai setiap detiknya terus berubah atau bertambah. Sehingga diperlukan suatu metode komputasi untuk mengambil data tersebut serta melakukan perhitungan yang dapat menganalisis informasi pada data tersebut. Disinilah peran data science dalam pemenuhan kebutuhan suatu perusahaan atau instansi.

 

Tujuan

Setelah mengikuti training ini, peserta diharapkan dapat memahami dan menerapkan konsep data science untuk kebutuhan perusahaan atau instansi.

 

Materi

  1. Type of data
  2. Data acquisition
  3. Data preparation
  4. Eksplorasi dan Penyelamatan
  5. Klasifikasi Dasar
  6. Klasifikasi Lanjut
  7. Analisa Aturan Asosiasi
  8. Analisa Pola Sekuensial
  9. Klastering
  10. Study Kasus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *